Sabtu, 10 Juni 2017

Cerita Bersambung ( Cerbung ) part 120

April menepuk pundak seseorang di loket pembelian tiket dan ternyata benar dugaan April.
“Aya…” sapanya
“Amel….”
            Mereka lalu berpelukan dan melepas kerinduan satu dengan lainnya.
“kok kamu bisa disini ?” April langsung menarik Amel untuk duduk dan meminta penjelasan darinya.
            Imel dan Feby yang melihat mereka jadi ikut penasaran dan mendekat.
“wait, sebelum kamu cerita, kenalin dulu teman-teman Aku di sekolah..” April
“hi, Amel…”
“nama kita kok mirip gini ya, Aku Imel…”
“kalian kayaknya jodoh deh… btw Aku Feby”
“jadi ini loh salah satu dari sahabat yang sering Aku ceritain, tapi beneran deh, Aku nggak tau kalau dia ternyata ada disekitar kita..” April sangat antusias melihat Amel.
            April lalu tak berhenti menceritakan kembali masa-masa bermainnya dengan  Amel dan Tasya.

            Imel dan Feby ikut senang melihat April bisa ketawa dan bercerita lepas lagi.

Minggu, 14 Mei 2017

Cerita Bersambung ( Cerbung ) part 119

April, Imel dan Feby terlihat sangat antusias menyambut waktu Praktek mereka. Untuk menikmati waktu-waktu bersama mereka sengaja mengambil hari liburan mereka untuk pergi bersama.
            Mereka terus berdebat mengenai tempat liburannya hingga akhirnya mereka memilih kebun binatang untuk jadi tempat liburan mereka.
            Mereka lalu mempersiapkan diri dan menuju salah satu kebun binatang terbesar yang dekat dengan lokasi mereka bertiga tinggal.
“semoga sehabis liburan kali ini, pikiran kita bisa lebih fresh ya girls!” Imel
“maksud kamu apaan sih Mel, emang kemarin-kemarin kamu stress? Sindir Feby
“wah wah kalian mah gitu deh..” April mulai Baper dengan candaaan teman-temannya
            Setibanya mereka di kebun Binatang tersebut. April “Speechless”. April merasa melihat orang yang sangat dia kenal disana.
            April pun pamit pada Imel dan Feby, lalu menuju ke loket dimana dia melihat orang itu.
“permisi…” April menepuk pundak orang itu.

Minggu, 19 Maret 2017

Pengertian Destinasi Pariwisata dan Daya Tarik Wisata

DESTINASI PARIWISATA
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009 Tentang kepariwisataan, Daerah tujuan pariwisata yang selanjutnya disebut Destinasi Pariwisata adalah  kawasan geografis yang berada dalam satu atau lebih wilayah administratif yang didalamnya terdapat daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwista, aksesibilitas, serta masyarakat yang saling terkait dan melengkapi terwujudnya kepariwisataan.

DAYA TARIK WISATA
Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 tahun 2009 Tentang kepariwisataan, Daya Tarik Wisata dijelaskan sebagai segala sesuatu yang memiliki keunikan, kemudahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau kunjungan wisatawan.
Menurut A. Yoeti dalam bukunya “Pengantar Ilmu Pariwisata” tahun 1985 menyatakan bahwa daya tarik wisata atau “tourist attraction”, istilah yang lebih sering digunakan, yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang untuk mengunjungi suatu daerah tertentu.
Nyoman S. Pendit dalam bukunya “ Ilmu Pariwisata” tahun 1994 mendefiniskan daya tarik wisata sebagai segala sesuatu yang menarik dan bernilai untuk dikunjungi dan dilihat.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang mempunyai daya tarik, keunikan dan nilai yang tinggi, yang menjadi tujuan wisatawan datang ke suatu daerah tertentu.

Pengertian Kepariwisataan dan Pariwisata

KEPARIWISATAAN
Menurut UU no. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan pasal 1 ayat 4 yaitu keseluruhan kegiatan yang terkait dengan Pariwisata dan bersifat multi dimensi serta multi disiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan Negara serta interaksi antara wisatawan dan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.

PARIWISATA
Secara etimologi, Pariwisata berasal dari dua kata yaitu “Pari” yang berarti banyak atau berkeliling, sedangkan pengertian wisata berarrti “pergi”. Didalam kamus besar Indonesia Pariwisata adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Sedangkan Pariwisata Menurut UU no. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan pasal 1 ayat 3 adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan  yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

Minggu, 12 Februari 2017

Cerita Bersambung ( Cerbung ) part 118

“Rald.. hellooooo” Ridha membuyarkan lamunan Rald
“kamu ngapain sih.” Rald
“maksud kamu? Kamu kenapa sih Rald ?” Ridha mulai bingung dengan tindakan Rald
            Rald lalu menatap Ridha dengan tatapan curiga, Rald mulai berpikir “ kok bisa ya, di saat Aku pengen banget nemuin April, pasti selalu ada Ridha yang mencegahnya, apa Ridha sengaja menghindarkan April darinya ?”
“kamu kok natap Aku gitu banget sih Rald?” Ridha tampak malu dan mulai ke GR-an.
“kamu… kamu ngapain sih ?” Rald berpikir untuk mencari tahu
“loh kamu yang kenapa sih Rald, kok jadi aneh gini…” Ridha mulai bingung dengan sikap Rald
“yaudah, sekarang Aku mau cari April dulu,”Rald mencoba memancing Ridha
“April ? buat apa kamu nyariin dia ? mendingan kita ke kantin aja makan, yuk…” Ridha
            Rald mendapatkan jawabannya, Ridha tampak menghindar ketika Rald mengucapkan nama April. Rald lalu mengatakan bahwa dia hanya bercanda dan tidak suka kalau Ridha terus mengikutinya apalagi menghalanginya bertemu dengan siapapun. Setelah itu Rald meninggalkan Ridha.
            Ridha hanya menunduk tak percaya Rald bisa seperti itu kali ini,

“biasanya Rald tidak pernah begini…” Ridha

Rabu, 08 Februari 2017

Cerita Bersambung ( Cerbung ) part 117

#flashback
            Revan terus melirik ke arah penonton, sementara wasit sudah mulai memangil team mereka untuk masuk ke lapangan.
            Dengan wajah yang putus asa, Rald tetap professional dengan memimpin teamnya memasuki lapangan basket, sementara Revan masih terus memperhatikan arah penonton.
“bro..bro…” Revan sangat kegirangan dan langsung melompat kearah Rald.
“apa sih, ambil posisi sekarang !” sentak Rald
“galak amat, itu tuh… arah jam 9, di pintu masuk…” Revan
            Rald langsung menoleh dan “surprise…” disana ada April yang didampingi Imel dan Feby juga Ridha.

“lagi-lagi kamu sama Ridha..tapi nggak papalah yang penting kamu ada disini sekarang…” Rald  terlihat sangat bahagia dan memulai pertandingan dengan sumringah.